Wisata simalungun

Wisata Kebun Teh Sidamanik Bah Butong Siantar Simalungun Nyesal Kamu Jika Belum Pernah Kesini!!

Wisata Kebun Teh Sidamanik

Wisata Kebun Teh Sidamanik- Bah butong

Sumatera Utara memang terkenal dengan pesona alamnya yang memukau. Dan salah satu wisata alam memukau yang dapat ditemui di provinsi Sumatera Utara ialah kebun teh Sidamanik. Wisata alam berupa kebun teh ini sangat cocok dijadikan destinasi wisata keluarga. Selain tempatnya yang indah, Anda juga bisa menghirup udara segar khas dataran tinggi yang bebas polusi.

Jika Anda hendak berkunjung ke kebun teh Sidamanik, berikut akan kami bagikan sedikit informasi mengenai lokasi wisata serta fasilitas yang diberikan. Selain itu, terdapat pula destinasi wisata alam lainnya yang dekat dengan kebun teh ini. Nah, berikut informasi lengkapnya.

Wisata Kebun Teh Sidamanik Bah Butong Siantar Simalungun

Wisata kebun teh Sidamanik merupakan kebun teh milik sebuah perusahaan yaitu PTPN IV yang bernama asli Bah Butong. Namun karena lokasinya yang berada di kecamatan sidamanik, maka orang-orang banyak menyebutnya sebagai kebun teh Sidamanik.

Menurut sumber yang kami dapat, terdapat tiga lokasi kebun teh di kawasan Sidamanik, diantaranya yaitu kebun teh Bah Butong, kebun teh Tobasari dan kebun teh Sidamanik. Hal ini terjadi karena adanya pemetaan daerah dimana sebelumnya ketiga lokasi berada di kecamatan yang sama.

Dua diantara kebun teh yaitu kebun teh Bah Butong dan Tobasari berada pada kecamatan Sidamanik, sedangkan kebun teh Sidamanik berada di kecamatan Pematang Sidamanik.

Lokasi Wisata Kebun Teh Sidamanik Bah Butong

Map peta Lokasi Wisata Kebun Teh Sidamanik Bah Butong

Lokasi Wisata Kebun Teh Sidamanik Bah Butong
Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, destinasi menarik ini lokasi tepatnya berada di wilayah perkebunan PTPN IV Bah Butong, Sidamanik dan Tobasari, Kecamatan Sidamanik, Kabupaten Simalungun, Pematang Siantar.

Letak kecamatan Sidamanik sendiri berjarak 26 kilometer dari pusat kota Pematang Siantar. Sedangkan jika Anda memulai perjalanan dari kota Medan akan menempuh jarak 155 km untuk mencapainya. Namun, tidak perlu khawatir, karena medan yang ada sudah cukup memadahi sehingga mudah untuk dilalui.

Namun, perlu juga Anda perhatikan mengenai jalan alternatif. Biasanya jika bertanya pada warga sekitar mengenai lokasi kebun teh, mereka akan memberikan pilihan jalan alternatif yang dapat menghemat waktu perjalanan. Akan tetapi medan yang ada lebih sulit dilalui oleh kendaraan pribadi, terutama mobil.

Jika Anda pergi menggunakan kendaraan pribadi mobil atau motor, periksa kondisi kendaraan sebelum berangkat agar masalah teknis dapat dihindari dan perjalanan dapat berjalan dengan baik.

Pesona Wisata Kebun Teh Sidamanik Bah Butong
Hamparan kebun teh yang hijau akan memberikan kesan yang tenang dan damai bagi para pengunjungnya. Udara di lokasi wisata ini juga sangat sejuk karena berada di dataran tinggi Pematang Siantar, Simalungun yang berada 890 m di atas permukaan laut.

Anda dapat berfoto dan berjalan-jalan menyusuri indahnya kebun teh sambil melepas kepenatan sejenak dari hiruk pikuk kehidupan kota. Teh yang dihasilkan kebun ini merupakan salah satu teh terbaik di Indonesia. Hasilnya sudah dipasarkan di segala penjuru nusantara dan juga beberapa penjuru dunia, misalkan Eropa, Timur Tengah, Malaysia dan Singapura.

Fasilitas Kebun Teh Bah Butong
Fasilitas umum yang dibditawarkan cukup memadahi. Mulai dari tempat ibadah atau mushollah, kamar mandi serta tempat parkir kendaraan. Biasanya untuk parkir Anda akan dikenakan tarif antara 5000 hingga 10.000 rupiah, tergantung jenis kendaraan Anda.

Setelah berkeliling kebun dan jika masih memiliki cukup waktu, Anda juga dapat bermain ke lokasi wisata alam lainnya yang masih berada pada satu wilayah dengan kebun teh Sidamanik, yaitu air terjun Bah Biak. Anda dapat berkunjung ke air terjun Bah Biak yang juga merupakan wisata andalah bagi penduduk Sumatera Utara.

Video by  deligeistproduction

Air Terjun Tersembunyi Bah Biak
Setelah puas berkeliling kebun teh, Anda dapat mengunjungi air terjun Bah Biak. Lokasinya dekat dengan kebun teh, namun medan yang dilalui akan lebih sulit. Meskipun jalanannya tergolong susah dilalui karena merupakan jalan berbatu dan tanah, namun banyak terdapat penunjuk arah yang akan membantu Anda mencapai lokasi air terjun.

Sesampainya di tempat parkir, Anda akan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Medannya berupa anak tangga dan jalan setapak yang akan berlumpur jika hujan. Maka dari itu, sangat disarankan menggunakan alas kaki anti selip agar tidak licin. Perjalanan berjalan kaki menempuh waktu kurang lebih 30 menit. Namun, itu semua akan terbayar sesampainya Anda di air terjun.

Sesampainya di air terjun Bah Biak, Anda akan disuguhkan pemandangan indah air terjun dan pepohoanan hijau di sekitarnya. Terdapat kolam buatan yang sengaja dibuat oleh penduduk sekitar untuk anak-anak dengan kedalaman yang tidak berbahaya, jadi aman digunakan berenang untuk anak kecil. Air terjunnya memang tidak terlalu tinggi, namun sangat indah dan airnya juga sangat segar. Oya, di sekitar air terjun juga terdapat fasilitas umum, mulai dari kamar mandi, warung makan serta deretan penjual baju atau kaos sebagai oleh-oleh.

Lihat juga: Makna dan Sejarah Tortor Huda Huda Simalungun

Tips untuk Mencapai Lokasi Wisata
Untuk sampai di lokasi wisata kebun teh Bah Butong, jalan yang dilalui tidak terlalu sulit, namun ada kalanya Anda harus melewati jalan alternatif yang medannya jauh lebih sulit dan berbahaya. Saran kami, untuk amannya, lebih baik menempuh perjalanan melalui jalan utama, walau sedikit jauh, tapi medannya mudah di lalui.

Nah, itulah sekelumit review mengenai obyek wisata alam kebun teh Bah Butong Sidamanik di Pematang Siantar. Wisata alam kebun teh dapat menjadi opsi liburan akhir pekan Anda bersama keluarga ataupun teman terkasih. Selain biayanya murah, Anda juga disuguhkan pemandangan alam yang menawan serta udara yang segar dan sejuk.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top