Danau toba

Pantai Paris di Tigaras Danau Toba, Simalungun Indah Tempatnya Nganenin Disini!!!

Pernah dengar obyek wisata pantai Paris? Walau namanya kurang begitu populer bagi masyarakat Indonesia pada umumnya, namun bagi masyarakat Sumatera pantai ini sudah tak asing lagi. Yup, pantai Paris merupakan salah satu destinasi wisata yang masih dalam kawasan danau Toba. Layaknya danau Toba yang memukau, tentunya pantai Paris jika memiliki daya tarik tersendiri, yang membuatnya banyak diminati.

pantai paris Tigaras

pantai paris Tigaras (foto by map google abdifa izal)

Pantai Paris di Tigaras Danau Toba

Pantai Paris atau yang juga dikenal dengan sebutan pantai Tigaras, dulunya tidak begitu dikenal masyarakat. Namun, berkat perkembangan dan promosi yang baik dari pemerintah setempat, saat ini pantai tersebut menjadi salah satu destinasi favorit yang banyak diminati dijadikan oleh para wisatawan, terutama saat liburan. Hal ini terbukti pada peningkatan pengunjung dari tahun ke tahun, yang begitu signifikan.

Sebagai salah satu destinasi wisata alternatif di kabupaten Simalungun, pemerintah berhasil mengkondisikan destinasi pantai ini dengan cukup baik, terbukti dengan dibangunnya beberapa bangunan penunjang serta berbagai fasilitas wisata di tempat tersebut.

Oya, selain bisa menikmati pesona keindahan danau toba, Anda juga dapat melihat panorama semenanjung atau tanjung Unta dari pinggiran pantai Paris. Panorama tersebut merupakan daya tarik tersendiri yang tentunya sangat mempesona. Selain itu, masih banyak kesenangan-kesengangan lain, yang bisa anda dapatkan disana.

Beragam Fasilitas Wisata di Pantai Paris yang Patut Anda Coba

Jika Anda bosan hanya melihat pemandangan dan ingin melakukan sesuatu yang seru, terdapat cara lain untuk menikmati keindahan pantai Paris ini. Pantai berpasir kerikil khas danau Toba ini menyediakan fasilitas yang dapat memacu adrenalin seperti banana boat.

Anda dapat mencobanya dengan keluarga atau teman agar liburan di pantai Paris semakin berkesan dan menyenangkan. Anda juga bisa mencoba speedboat untuk melihat sekeliling pantai dari air. Untuk menikmati fasilitas tersebut Anda perlu membayar sesuai dengan fasilitas yang digunakan.

Jika ingin menginap, terdapat beberapa hotel yang dapat Anda jadikan pilihan untuk bermalam di kawasan pantai Paris. Selain hotel ada pula bungalo yang dapat Anda sewa untuk dijadikan tempat menginap. Dan jangan khawatir dengan tarifnya, karena dijamin sangat murah meriah. Yakni ada di kisaran 30ribu rupiah per malam. Tentunya,biaya tersebut dapat berubah sewaktu-waktu, tergantung musim dan kebijakan yang diterapkan pihak pengelola.

Di sekitar pantai, Anda dapat dengan mudah menemukan tempat makan, café, dan kios souvenir. Meskipun terdapat pedagang di sekitaran obyek wisata, namun tampaknya keasrian dan kebersihan pantai masih terjaga dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan minimnya sampah yang berserakan serta air pantai yang sangat jernih.

Lokasi Pantai Paris

Untuk dapat menikmati panorama alam pantai Paris dan menikmati segala fasilitas yang ada, Anda perlu datang ke daerah Tigaras, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Lokasi tersebut tidak sulit ditemukan, karena wisata pantai Paris sendiri sudah populer di penduduk sekitar, sehingga Anda dapat menanyakan arah dengan mudah pada penduduk.

Akses Menuju Pantai Paris

Untuk akses menuju obyek wisata ini, anda dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun umum. Namun, jika ingin cepat sampai, menggunakan kendaraan pribadi sangat disarankan. Akses jalannnya sendiri sudah cukup baik untuk dilalui. Terlebih lagi jika Anda berkendara dari Medan, Parapat, atau Siantar.

Jika Anda berangkat dari Medan, waktu tempuh dapat berkisar antara empat sampai lima jam. Waktu ini termasuk lama, namun dengan keindahan alam yang disuguhkan selama perjalanan akan memusnahkan rasa penat anda selama dalam perjalanan. Dan bila Anda berangkat dari Pematang Siantar, waktu tempuh yang diperlukan tergolong singkat yaitu antara satu sampai dua jam saja.

Anda juga dapat menggunakan transportasi darat lainnya seperti motor maupun transportasi umum. Transportasi umum di wilayah tersebut juga cukup mudah ditemukan dan cukup memadai bagi traveler yang tidak memiliki kendaraan pribadi.

Rencananya pemerintah juga akan membangun rel kereta api dari bandara Kualanamu menuju Tigaras. Hal ini sangat disambut antusias oleh masyarakat sekitar karena dapat meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung yang pastinya, sekaligus membantu perekonomian masyarakat sekitar lokasi wisata.

pantai paris Tigaras, Simalungun

pantai paris Tigaras, Simalungun (Foto by Streetview google fahmie ma’ruf)

Objek Wisata Lainnya yang Terkenal di Sumatera Utara

Selain Pantai Paris, masih ada beberapa objek wisata lain yang patut Anda kunjungi ketika liburan di Sumatera Utara. Dua diantaranya ialah obyek wisata Pantai Parapat dan Kota Haranggaol. Kedua tempat tersebut juga terkenal dengan pemandangan danau Toba yang disuguhkan dan menjadi tempat mempesona yang sayang untuk dilewatkan.

Lihat juga: Kawah Putih Dolok Tinggi Raja Kabupaten Simalungun, Destinasi Wisata Yang Begitu Eksotis Di Sumatera Utara

Di kota kecil Parapat, Anda dapat menikmati beberapa destinasi wisata, Diantaranya yaitu wisata pantai pasir putih yang dapat ditemukan di depan pintu masuk kota. Lalu terdapat pula lapangan Pagoda yang merupakan alun-alun kota Parapat serta rumah pengasingan mantan presiden RI pertama, Ir Soekarno. Meskipun merupakan kota kecil, Parapat memiliki destinasi wisata yang menarik, mulai dari wisata alam hingga destinasi sejarah.

Destinasi selanjutnya yaitu Kota Haranggaol yang juga menyuguhkan keindahan danau Toba. Masih termasuk dalam kabupaten Simalungun, kota ini berjarak 120 km dari Medan dan memiliki pemandangan alam yang luar biasa indah. Udara yang sejuk khas pegunungan serta hasil perkebunan yang melimpah menjadi daya tarik tersendiri Kota Haranggaol.

Nah itu dia sekilas review mengenai destinasi wisata di Sumatera Utara terutama pantai Paris di Tigaras yang kini makin dimati wisatawan. Pastikan untuk meluangkan waktu, mampir di pantai Paris, saat sedang berkunjung ke Sumatera Utara.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top