Sponsorship

Mau Mulai Bangun Skor Kredit? Cobain Kredit Online Aja, Yuk!

kredit online

Apa yang dimaksud dengan skor kredit? Sederhananya, skor kredit adalah sistem nilai atas histori kredit seseorang di bank atau lembaga keuangan lainnya.

Fungsi utama dari skor kredit adalah sebagai instrumen analisa yang penting yang akan dijadikan referensi oleh lembaga keuangan seperti perbankan mengenai layak atau tidaknya kamu mendapat pinjaman, apabila kamu mengajukan kredit di masa mendatang untuk berbagai tujuan. Misalnya: membangun rumah, memulai bisnis, biaya pendidikan, dan yang lainnya.

Skor kredit sendiri bisa didapat melalui serangkaian proses analisa BI Checking dengan cara menelusuri histori kredit calon debitur pada Sistem Informasi Debitur (SID) Bank Indonesia. Namun sejak 1 Januari 2018, SID telah dialihkan dari BI dan dikelola oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nama baru yaitu Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK).

Penting halnya untuk memiliki skor kredit sekaligus untuk menjaga skor kredit tetap baik dan berkembang ke arah positif. Sebab, skor kredit kerap kali menjadi alasan utama di balik penolakan perbankan atau lembaga keuangan terhadap pengajuan kredit calon debitur. Kalau sudah atau sedang punya kredit, cara utama untuk menjaga skor kredit tetap baik adalah dengan membayar angsuran kredit tepat waktu sesuai masa tenor dan besaran yang telah disepakati dengan lembaga keuangan terkait.

Bagaimana kalau belum pernah punya histori kredit? Maka, mulailah untuk membangun skor kreditmu dari sekarang.

Kartu kredit sering disebut-sebut sebagai instrumen kredit yang paling mudah untuk membangun skor kredit. Masalahnya adalah, proses pengajuan kartu kredit nggak bisa dibilang mudah. Selain dokumen yang perlu disiapkan banyak, ada syarat minimum penghasilan yang diterapkan sesuai dengan jenis kartu kredit, survey tempat tinggal, hingga proses analisa histori kredit calon debitur oleh pihak bank. Bagi fresh graduate, first jobber, hingga orang yang belum pernah memiliki histori kredit, kesempatan untuk ditolak pengajuannya tentu lebih besar.

Sebelum apply kartu kredit konvensional di bank, kamu bisa memulai membangun skor kredit dengan cara menggunakan akses kredit online instan seperti yang ditawarkan Kredivo.

Nggak cuma bisa membangun skor kredit, bahkan, Kredivo juga memiliki fitur yang sama dengan kartu kredit yang diterbitkan perbankan. Mulai dari akses kredit dalam 30 hari tanpa bunga, cicilan tanpa dp dengan tenor 3, 6, hingga 12 bulan dan suku bunga 2,95% per bulan, hingga pinjaman online atau pencairan plafon kredit menjadi uang tunai.

Bedanya adalah, sebagai akses kredit online tanpa dp, Kredivo menggunakan aplikasi resmi baik untuk pendaftaran hingga transaksinya, tidak menggunakan kartu fisik seperti halnya kartu kredit. Karena berbasis online melalui aplikasi, Kredivo bermitra dengan lebih dari 200 merchant online ternama di Indonesia seperti Lazada, Tokopedia, Bukalapak, JD.id, Bhinneka, Shopee, Panorama Tours, dan masih banyak lagi yang lainnya. Dengan kata lain, kamu bisa menggunakan plafon kredit yang didapat dari Kredivo untuk belanja cicilan secara online di merchant-merchant tersebut.

Nggak hanya untuk kredit online barang, dengan Kredivo, kamu bisa beli tiket pesawat, booking hotel, beli pulsa, paket data, token listrik, bayar BPJS, PDAM, hingga telepon pascabayar. Untuk harga barang di bawah Rp 1,5 juta, opsi kredit yang bisa digunakan hanya “Bayar dalam 30 Hari”, sedangkan untuk barang dengan harga Rp 1,5 juta ke atas, kamu bisa manfaatkan opsi cicilan tenor. Dengan adanya opsi ini, kamu bisa mengatur sendiri semua transaksi dan kreditmu. Yang paling penting, usahakan untuk membeli barang sesuai kebutuhan dan kemampuan finansialmu, supaya skor kreditmu perlahan terpupuk dan menjadi semakin baik.

Hindari mengambil kredit barang lebih dari satu sekaligus dalam waktu bersamaan.

Misalnya, kamu memiliki plafon kredit 10 juta dari Kredivo, kemudian kamu membeli hp Xiaomi harga Rp 3 juta dengan tenor 3 bulan via Kredivo. Beberapa hari kemudian, karena limit kreditmu masih Rp 7 juta, kamu mengambil kredit barang satu lagi, misalnya laptop harga Rp 5 juta. Perilaku kredit seperti ini bisa membuat skor kreditmu bergerak ke arah yang negatif atau menurun. Sebaiknya, setelah ambil cicilan barang pertama, tunggu jeda waktu beberapa bulan atau setelah masa tenor cicilan pertama selesai, baru setelahnya kamu bisa mengambil kredit barang lainnya. Selain keuanganmu bisa ‘bernapas’, ini juga menghindari terjadinya risiko kredit macet di kemudian hari.

Kredivo sendiri saat ini sudah masuk ke dalam daftar fintech legal dan resmi yang berada di bawah naungan serta pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Melalui Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) yang dimiliki OJK, bisa dipastikan Kredivo dapat menjadi instrumen kredit online yang bisa membantu kamu membangun skor kredit. Syarat untuk mendaftar Kredivo juga lebih mudah dibandingkan kartu kredit konvensional.

Apa saja?

  1. WNI yang berusia minimal 18 tahun ke atas.
  2. Berpenghasilan sebesar Rp 3 juta per bulan.
  3. Berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Semarang, Surabaya, Palembang, Denpasar, atau Medan.

Tertarik nyobain Kredivo? Yuk daftar sekarang! Khusus pendaftar Cicilan, ada kesempatan bagi kamu untuk menangin undian berhadiah tiket konser dan meet & greet Kygo di Jakarta. Cukup dengan daftar cicilan Kredivo dan masukkan kode KRDVKYGO ke dalam kolom kode referal saat pendaftaran. Informasi selengkapnya, klik di sini.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top