Hiburan

Kawah Putih Dolok Tinggi Raja Kabupaten Simalungun, Destinasi Wisata Yang Begitu Eksotis Di Sumatera Utara

Kawah Putih Dolok Tinggi Raja Kabupaten Simalungun.jpg

simalungun.net Kawah Putih Dolok Tinggi Raja Kabupaten Simalungun

Wisata alam di provinsi Sumatera Utara memang tidak ada habisnya untuk digali. Selain terkenal dengan danau toba, ternyata masih banyak lagi surga tersembunyi lainnya. Salah satunya yang juga tak boleh terlewatkan adalah wisata kawah putih Dolok Tinggi Raja yang berada di Kabupaten Simalungun.

Wisata kawah putih Dolok memang tidak semahsyur kawah putih Ciwidey yang berada di Jawa Barat. Namun keindahannya tidak dapat dipandang sebelah mata. Nah, penasaran? Langsung saja silahkan simak reviewnya berikut ini:

 

Daya Tarik Wisata Kawah Putih Dolok Tinggi Raja

Kawah putih Dolok Tinggi Raja atau yang biasa disebut kawah putih Tinggi Raja, saat ini menjadi salah satu destinasi wisata di kabupaten Simalungun yang sedang hits, khususnya dikalangan muda.

Jika kawah putih Ciwidey di Jawa Barat sudah terekspos dengan baik, tidak sama hal nya dengan kawah putih Tinggi Raja. Lokasinya yang berada di dalam hutan yang merupakan lokasi cagar alam selebar empat hektar,memang sedikit sulit dicapai, terlebih lagi infrastruktur yang ada kurang memadahi.

Di lokasi wisata Anda akan melihat pemandangan bukit kapur berwarna putih yang sangat menawan. Terdapat pula air mengalir dari atas bukit yang bersuhu sangat tinggi yaitu sekitar 90 derajat celcius. Aliran air panas yang melewati tebing atau bukit pasir menghasilkan efek visual seperti salju. Tak heran, orang-orang sering menyebutnya sebagai salju panas.

Karena suhu air yang sangat tinggi, Anda bisa memasak telur di sini. Telur yang direndam dan didiamkan beberapa saat akan matang dengan cepat lalu bisa dikonsumsi. Biasanya pengunjung membawa telur dari rumah untuk dikonsumsi di lokasi wisata.

Sebenarnya terdapat beberapa tempat yang dapat dikunjungi di lokasi wisata ini. Pertama yaitu perbukitan kapur dengan aliran air panas. Di sini Anda akan disuguhkan keindahan bukit kapur yang putih dan air jernih yang mengalir. Dikarenakan suhu yang teramat tinggi, pengunjung dilarang untuk mandi di lokasi ini.

Terdapat pula semacam danau atau kolam air panas di atas tebing. Airnya berasal dari pepohonan sekitar dan masih memiliki suhu yang panas akibat kandungan belerang yang ada. Di sini Anda juga tidak diperbolehkan untuk mandi atau berenang.

Jika ingin berendam di lokasi wisata ini, Anda dapat melakukannya di aliran sungai yang ada di bawah tebing. Di sini suhu air tidak lagi setinggi di kedua lokasi sebelumnya, sehingga aman untuk dibuat mandi. Dengan suasan alam yang sejuk dan air yang sedikit hangat, Anda dijamin akan betah berada di sini. Selain itu, air yang mengandung belerang dipercaya dapat memberikan efek yang baik bagi kesehatan tubuh.

Lokasi dan Rute Wisata Kawah Putih Dolok Tinggi Raja

Untuk dapat mencapai lokasi kawah putih, Anda baiknya mengetahui alamat pastinya terlebih dahulu. Kawah putih Tinggi Raja berada di Desa Dolok Tinggi Raja, Kecamatan Silau Kahean, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Lokasi tersebut berada di pelosok Kabupaten Simalungun yang jalannya agak susah dilewati karena masih berupa jalan batuan dan tanah.

Terdapat beberapa akses jalan yang dapat ditempuh. Pertama yaitu dari Medan menuju Lubuk Pukam, lalu Ke Galang dan terakhir Dolok Tinggi Raja. Rute kedua dimulai dari Masihul menuju Nagon Dolok lalu ke Dolok Tinggi Raja.

Adapun rute ketiga yang dapat menjadi pilihan yaitu dari Medan menuju Lubuk Pukam menuju Galang lalu ke Bangun Purba dan terakhir Dolok Tinggi Raja.

Ketiga rute akses di atas dapat ditempuh menggunakan kendaraan pribadi berupa sepeda motor ataupun mobil yang biasa digunakan untuk off road. Hal ini dikarenakan jalan yang akan dilewati tergolong sulit dan terjal. Belum lagi jika tergenang air akan semakin licin dan berlumpur. Selain kendaraan yang sesuai, kepiawaian supir mengendarai kendaraan juga perlu diperhatikan.

Perjalanan tersebut biasanya ditempuh dalam kurun waktu kurang lebih tiga hingga empat jam dari kota Medan. Lamanya perjalanan juga tergantung pada cuaca, kondisi jalan dan kepiawaian supir.

Waktu Terbaik untuk Datang Berkunjung ke Kawah Putih Dolok

Waktu yang paling tepat untuk berkunjung di lokasi wisata kawah putih Dolok Tinggi Raja yaitu sebelum siang ketika matahari masih belum tinggi. Hal ini dikarenakan, suhu air akan meningkat pada siang hari akibat suhu udara yang juga meningkat.

Jika Anda berangkat dari Medan atau sekitarnya. Baiknya berangkat sepagi mungkin, agar tidak kesiangan saat sampai di lokasi kawah. Dengan begitu Anda masih bisa merasakan sejuknya aliran air sungai yang bersumber dari atas tebing kapur.

Jangan lupa siapkan makanan yang cukup sebab Anda akan jarang menemui warung makan di lokasi wisata. Namun, jangan lupa untuk membawa kembali sampah bawaan agar tidak merusak ekosistem alam.

Mitos yang Beredar di Kawah Putih Dolok

Adapun terdapat suatu mitos yang begitu diyakini masyarakat sekitar, yaitu mengenai penunggu lokasi wisata. Ada cerita bahwa jika telur yang Anda rebus tiba-tiba berkurang satu, maka kemungkinan telur tersebut diambil oleh penunggu lokasi wisata di sana.

Anda boleh mempercayainya maupun tidak. Hal paling penting yang sebaiknya Anda lakukan selama disana adalah, bersikap baik dan tidak mengotori lingkungan, maka dengan begitu anda sudah melakukan hal yang benar karena  ikut menjaga kelestarian destinasi wisata kawah putih Dolok.

Nah, itulah sedikit review mengenai kawah putih Tinggi Raja yang dapat kami sampaikan. Meskipun lokasinya sulit dijangkau, namun keindahan alamnya sangat sayang untuk dilewatkan.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top