Simalungun

Alasan Kenapa kita harus bangga Menjadi Orang simalungun

Bangga Menjadi Orang Simalungun

Bangga Menjadi orang simalungun sebenarnya bukan sesuatu untuk di pertanyakaan lagi untuk orang yang benar-benar keturunan simalungun, sebab menjadi orang simalungun itu nyatanya sangatlah sangat membanggakan sekali. Kenapa? jawabanya semuanya ada di dalam urutan daftar kebanggaan yang kami haturkan di bawah.

Maka jika dia orang simalungun yang menyatakan dia tidak bangga menjadi orang simalungun, maka di pertanyaakan lagi orang nya tersebut. atau jangan-jangan dia itu adalah dalle??? kami punya cerita dimana di daerah panei raya itu sangat lah banyak orang keturunan jawa yang sangat bangga dengan dimana tempat dia tinggal sekarang yaitu simalungun. Bahkan sampai suatu adat seperti penikahan anak, adat kematian pun mereka memakai adat simalungun karena kebangganya tadi menjadi orang simalungun. Saat kami tanya mereka alasanya tersebut kenapa tidak memakai adat Jawa saja, alasanya yahhh karena kebanggaan, yang kedua tentunya karena mereka merasa telah berjaya dimana tanah simalungun telah memberikan kontribusi yang layak dan besar bagi kehidupanya.

Hal-hal lain yang menjadi “Alasan Kenapa kita harus bangga Menjadi Orang simalungun” berikut yang simalungun.net rangkum yang mungkin bisa memompa semangatmu:

Pendidikan didalam orang simalungun adalah Hal yang utama

Kita tahu, bahwa pendidikan itu adalah penting untuk perkembangan zaman dunia saat ini. Batak simalungun sangatlah kuat di bidang pendidikan, orang tua di simalungun akan merasa malu jika anak-anaknya tidak bisa menempuh pendidikan, bila perlu setinggi-tingginya. Di dalam Masyarakat simalungun dikenal dengan Anaklah yang merupakan sebuah harta daripada harta benda yang sebenarnya. Jika banyak pun rumahmu, emasmu atau mobil mewahmu atau pesawat sekalipun namun jika anakmu tidak sekolah maka kamu akan dikucilkan.

Orang Simalungun dikenal dengan Sifat Penengah

Diantara Suku batak lainya di kabupaten sumatera utara orang simalungun dikenal dengan sifat yang mudah bergaul dan berbaur diantara orang batak lainya. Dan itu telah terbukti didalam masayarakat, terdapat beberapa faktor contohnya di dalam masyarakat dimana dalam bahasa. selain bahasa simalungun, orang simalungun itu sangatlah pintar berbahasa batak toba dan sebagian Besarnya juga berbahasa karo, apalagi bahasa mandailing. bukan hanya itu karena disimalungun itu sangat banyak orang jawa, membuat sebagian besar orang simalungun itu juga bisa bahasa jawa, dengan kekuatan tersebut maka akan lebih mudah bergaul tentunya kan!!!.

Faktor lain adalah karena daerah simalungun sangatlah strategis atau berada ditengah-tengah, sebut saja Siantar dan Pematang Raya Kabupaten simalungun. tentu saja daerah itu sedikit banyaknya akan mempengaruhinya.

Pria Simalungun sangatlah Ganteng2 dan Wanitanya cantik2

Yang satu ini bukan asal dan tanpa dasar. Dengan kulit yang putih sawo matang orang-orang simalung itu sangatlah mirip dengan artis-artis korea atau china. Disamping itu lihatlah kecantikan atau kegantenganya dari dalam dengan sifat penengah yang disebutkan diatas sebelumnya tentunya untuk menjadi orang penengah itu harus lah orang yang baik dan berprestasi. jika bukan orang seperti itu maka tidak akan lagi menjadi orang penengah di dalam masyarakat.

Hal yang lain yang menguatkan Karena budaya Simalungun itu sendiri yaitu kata Lungun yang artinya identik dengan Sendu, Kalem,sopan atau jauh dari sifat yang grasak grusuk.

Orang Simalungun Suka Membantu (filantropi)

Jika kamu ingin mencari orang yang sangat suka membantu orang simalungun lah orangnya. Buktinya sangat banyak jika kamu tidak percaya. Coba kamu pergi ke daerah simalungun maka masyarakatnya akan welcome kepadamu. Disimalungun ada namanya Marharoan, Marhoran itu identik dengan Gotong royong dimana Kita tahu didalam gotong royong sendiri terdapat sifat yang membantu yang sangat baik untuk manusia.

Orang Simalungun sangat Mandiri, Kuat Dan Gigih

Merantau ke kampung orang menjadi Tradisi yang sangat tinggi di dalam masyarakat simalungun. Oleh karenya banyak sekali orang simalungun di perantauan seluruh pelosok negeri ini atau bahkan juga di luar negeri yang telah mengharumkan nama indonesia dan simalungun.

Tentunya untuk merantau akan dibangun kemandirian Kuat serta Gigih tertanam di dalam nya. jika tidak maka ditanah orang kamu tidak akan bertahan hidup. Dan orang simalungun telah terbukti sanagat banyak yang sukses. Orang simalungun akan lebih bangga Berjaya dikampung orang daripada Dikampung sendiri. Namun tentunya tidak akan pernah lupa dengan kampung halaman sendiri karena simalungun sangat membanggakan prinsip “habonaron do bona

Budaya Simalungun sangatlah Bagus

Bagus kami maksudkan diatas adalah bukan hanya berterima baik dengan warga simalungun itu saja melainkan sangat baik disambut oleh masyarakat lainya. Buktinya tarian simalungun sangat familiar sampai keluar negeri. banyak orang luar negeri yang ingin belajar tarian simalungun.

Hal lainya adalah orang simalungun mempunyai marga, sama dengan batak lainya. Marga itu sangatlah penting agar kita bisa mengenali keluarga terdekat kita. didalam masayarkat batak marga itu bisa ditarik-tarik hingga beberapa keturunan. itulah kelebihan orang batak.

Orang simalungun dikenal dengan Filosofi Habonaron Do Bona

habonaron do bona inti artinya adalah untuk selalu mengingat asal muasal, atau kampung halamanya. Sifat ini akan bermanfaat baik untuk menjauhan diri dari kesombongan. Oleh karenanya simalungun sangat kecil masyarkatnya yang mempunyai sifat yang sombong.

Pariwisata Simalungun sangatlah Familiar

Sebut saja Parapat, Bukit indah Simarjarunjung, Kawah Putih dan lain-lainya. Itu adalah pariwisata simalungun yang telah terkenal entah kemana-mana saja. Dengan tekenal nya tersebut maka sangat bangga kan kita sebagai Orang simalungun.

Demikianlah tulisan kami ini semoga bermanfaat bagi teman-teman khususnya orang simalungun. Bukan tidak ada sifat orang simalungun itu yang bernada Negatif. Namun sebenarnya lebih banyakdengan Sifat yang positifnya, semua orang juga begitu tidak mungkin semuanya berjalan dengan baik, tentunya ada hal-hal yang negatif yang selalu menghambati kita itulah hidup. lantas apakah kita terus murung dengan hal negatif tersebut tentu saja tidak.

Melaui tulisan ini tentunya diharapkan kebanggan yang bertambah sebagai orang simalungun seperti situs kami ingi (simalungun.net) dibangun atas Sebuah kebanggan terhadap simalungun. Jayalah Tetap Simalungun

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top