Budaya

7 Makanan Khas Simalungun, Yang Buat Kamu Rindu Kampung Halaman, no 7 Bikin Ngiler

Orang Simalungun mempunyai banyak makanan khas sebenarnya. Sebab di dalam mengisi acara di simalungun biasanya di barengi dengan acara makan-makan. Begitu pula dengan kebutuhan mengisi perut kebutuhan sehari-hari masyarakat simalungun terdapat ke khas an di dalam hidangan dan tata cara memasak dibandingkan dengan masyarakat-masyarakat lainya di dunia.

Bahkan Dari sebagian makanan khas tersebut sudah masuk sebagai kekayaan budaya indonesia yang tentunya berasal dari simalungun. Contohnya saja yang populer adalah Dayok Na Binatur yang dimana telah masuk sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) indonesia.

Baik langsung saja berikut 7 Makanan Khas Simalungun, yang membuat kamu pasti ngiler:

1. Dayok Na Binatur,

Dayok na Binatur

Dayok na Binatur sumber: http://rosenmanmanihuruk.blogspot.co.id

Kita mulai yang populer saja, Yaitu dayok na binatur. Dayok nabinatur adalah makanan khas simalungun dimana Dayok itu bahasa indonesianya adalah Ayam, jadi  arti dari Dayok Na Binatur itu sendiri adalah Ayam Yang diatur (tentunya ayam yang masak ya hehe…)

Jadi petuah dan harapa-nya Begini, alasan mengapa ayam itu diatur dimana dengan harapan bahwa orang yang memakan dayok na binatur tersebut dengan kehidupan yang teratur pula. hidup yang Teratur itu dimaksudkan adalah Kesukses-an atas apa di damba-damba kan.

Tak sampai disitus saja, Makanan yang satu ini juga dibuat dihari-hari spesial, biasanya sewaktu ada acara-acara di simalungun mulai dari yang terkecil hingga yang pesta besar. Sebut saja mulai dari syukuran ulang tahun hingga pesta adat pernikahan.

Makanya untuk warga simalungun Dayok na Binatur itu adalah sesuatu yang sangat “SPESIAL” disamping juga Rasaya yang enak selalu merindu di perasaan Lidah kita.

Biasanya Juga potongan-potongan Ayam yang berada di dalam Dayok na binatur tersebut memiliki makna yang berbeda-beda. Seperti Ekor nya, Konon katanya orang yang memakan ekor ayam di dalam dayok bintur itu adalah menjadi pengekor di dalam keluarga. Lain lagi dengan Kepalanya jika sering-sering memakan kelapa ayam Di sajian tersebut biasanya dia akan mejadi kepala, atau atasan selalu. tapi minimal menjadi Kepala Rumat tangga lah ia kan hehhe… dan ada sayap melambangkan biasanya orangnya akan sukses di perantauan.

Ayam untuk dayok binatur Pun tidak boleh sembarangan, biasanya ayamnya adalah Ayam kampung asli, atau kalau lebih bagus lagi adalah Ayam Rimba/ayam Hutan. Cara memasak makanan ini yaitu dengan Merebus potongan-potongan ayam, dengan santan dan bumbu-bumbunya. setelah masak baru di hidangkan dengan aturan-aturan yang ada.

Lihat juga: Jenis Jenis Alat Musik Tradisional Simalungun

nitak makanan khas simalungun

nitak makanan khas simalungun

2.Nitak,

Orang Simalungun tidak Mengenal Nitak, Berarti dia itu bukan “Simalungun Zaman NOw“, masa makanan enak semacam Nitak saja dia tidak tahu. Nitak adalah makanan khas simalungun dimana cara pembuatanya melalui proses penumbukan Tepung di dalam “lesung”. Dengan Paduan bumbu-bumbu yang khas, tepung terus ditumbuk hingga menyatu menjadi nitak.

Nitak biasanya di padukan Dengan Dayok binatur untuk di hidangkan di dalam suatu acara, Rasa nitak Sendiri yaitu Manis dan juga Rasa Lada yang kental membuat lidah kia Bergoyang memakanya. Makan nitak juga harus hati-hati jika sewaktu bicara. karena Akan Menyulitkan lidah kita untuk mengeluarkan Suara.

Hinasumba

Hinasumba

3. Hinasumba,

Satu Lagi makanan Daging yang enak di dalam makanan simalungun yaitu Hinasumba, didalam masakan ini ada Resep khas simalungun yang tidak di gunakan di dalam Masyarakat lainya Yaitu Sikam. Sikam adalah sejenis Daging dari sebuah kayu yang mampu melezatkan masakan diolah bahkan tanpa Dimasak.

Hinasumba yang enak bisa dilihat dari Warna Kemerahan nya. makanya tidak semua orang bisa memasak hinasumba dengan Lezat. Perlu keahlian atau praktek khusus untuk mengolahnya Hingga Menjadi makanan yang lezat yang selalu Dirindukan Lidah.

lappet

lappet

4. lappet,

Ini adalah makanan ringan yang terbuat dari tepung beras, cara singkat memasak lappet ini adalah tepung beras bersama rempah lainya di bungkus dengan Daun pisang, seterusnya dikukus biasanya lapet ditengahnya di buat Gula merah agar lezat.

Lapet yang enak itu adalah dimana jika Santan dan Manisnya bisa Seimbang. di dalam masyarakat batak “lappet” telah Bergeser makna menjadi Guyonan Jorok. Padahal Rasanya begitu Manis dan enak bertolak belakang dengan Guyonan Yang dilemparkan.

na i arsik

na i arsik

5. na i arsik,

Biasanya Makanan yang dimasak menjadi ‘nan i Arsik‘ itu adalah ikan. Namun akhir-akhir ini daging pun banyak orang simalungun memembuatnya menjadi makanan Arsik. Arsik telah banyak kita temukan di rumah makan khas batak di sekitar kita. Sebab Fans Arsik sangat lah banyak.

Lalu apakah Yang membuat Makanan Na i Arsik ini menjadi Lezat???? yaitu dalah Ittir-ittir. Namanya bukan Na i arsik jika tidak ada rasa Ittir-ittirnya. lidah kamu akan bergoyang dengan makan na i arsik berkat bumbu khas batak ini. yang pasti Ngangenin lah ia kan!!!!

Nani Randu makan khas simalungun

Nani Randu makan khas simalungun sumber Efarina TV

6. Randu,

Zaman Saat ini makanan Randu Sudah Mulai di tinggalkan. Padahal Makanan ini sangat lezat dan Menyehatkan. randu adalah masakan khas Simalungun dengan Perpaduan Sayur-mayur dengan berbagai macam jenis.

Randu biasanya rasaya beda-beda. karena masakan Randu bisa saja beda-beda lauk campuranya. Dahulu saya ingat sewaktu saya kecil randu merupakan masakan yang sering dimasak ibu saya. Namun sekarang masakan itu pun sudah jarang ada. tidak tahu jelas apa Penyebabnya, Namun Ke populeran “randu” sudah sangat jarang untuk saat ini.

tinuktuk

tinuktuk

7. tinuktuk

tuk..tuukkk..tukk. Begitulah ngiang-ngiang lidah kamu jika memakanan Sambal “Tinuktuk” ini. Sebab sambal ini rasanya Pedas membuat Selera Makan kamu menjadi kencang. ya Tetap saja ramun Tinuktuk Ini ada ittir-titir di dalam nya.

tinuktuk menjadi Makanan Khas Simalungun yang selalu membuat Kita Ngiler, apalagi yang telah pernah memakananya. Dengarkan Suaranya Saja Membuat perasaan Kita Ingin memakanya Bukan!!!

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top