Berita

10 Obyek Wisata di Simalungun yang Wajib di Kunjungi

Mengunjungi kota Simalungun untuk berwisata rasanya belum lengkap apabila Anda belum mengunjungi 10 obyek wisata paling terkenal yang ada di kota tersebut dan sekitarnya. Nah, kira-kira apa saja obyek wisata yang dimaksud? Berikut, beberapa diantaranya.

Deretan Obyek Wisata Terkenal di Simalungun

Patung Dewi Kwan Im

Apabila Anda memiliki rencana untuk pergi ke tempat wisata yang sangat kental dengan nilai keagamaannya, maka Vihara Avalokitesvara menjadi salah satu tempat yang wajib untuk Anda datangi. Vihara Avalokitesvara terletak dipusat kota Pematang Siantar dan menjadi salah satu objek wisata yan paling sering didatangi oleh masyarakat keturunan Tionghoa.

Patung Dewi Kwan Im siantar

Patung Dewi Kwan Im di pematang siantar

Salah satu objek wisata paling terkenal yang ada di Vihara Avalokitesvara adalah Patung Dewi Kwan I yang memiliki tinggi mencapai 22,8 meter dan disebut sebagai patung teringgi di Asia Tenggara. Proses pembuatan patung Dewi Kwan Im dilakukan di negara China dengan menggunakan batu granit. Untuk membuat Patung Dewi Kwan Im diperlukan waktu selama tiga tahun dengan biaya yang sangat besar, yakni mencapai sembilan miliyar rupiah.

Air Terjun Katasa, Simalungun

Berikutnya ada Air Terjun Katasa. Atau juga dikenal dengan nama Air Terjun Kembar. Obyek wisata ini terletak di kecamatan Hatonduan. Disebut sebagai Air Terjun Kembar karena dilokasi yang sama terdapat dua air terjun, namun uniknya kedua air terjun saling terpisah. Selain bisa menikmati keindahan air terjun, Anda juga bisa merasakan udara segar dengan pemandangan yang sangat asri.

air terjun katasa kabupaten simalungun sumatera utara

air terjun katasa kabupaten simalungun sumatera utara, (foto by abdi su Google map)

Air Terjun Tonduhan

Salah satu Air terjun yang berada di area perkebunan tepatnya area perkebunan kelapa sawit PTPN IV Hatonduan, Desa Buntu Bayu, Kecamatan Tonduhan, Simalungun adalah Air Terjun Tonduhan. Untuk bisa sampai dibagian bawah air terjun, Anda harus menuruni anak tangga yang telah disediakan oleh pengelola. Air Terjun Tonduhan tidak terlalu populer dan haya warga yang tinggal di sekitar Siantar dan Tanah Jawa yang mengetahui tentang Air Terjun Tonduhan.

air terjun tonduhan simalungun sumatera utara

air terjun tonduhan Tanah jawa simalungun sumatera utara ( zuliani Dalimunthe – Google Map)

Air Terjun Mamabu

Air Terjun Mamabu atau lebih dikenal dengan air terjun Jambuara berada Di Desa Aek Komangin, Kecamatan Hatonduan Kabupaten Simalungun Tanah Jawa. Jalan menuju lokasi Air Terjun Mamabu dipenuhi dengan bebatuan sehingga Anda harus ekstra hati-hati.

Air Terjun Mamabu Siantar, simalungun

Air Terjun Mamabu Siantar, simalungun (Foto Tribunews)

Air Terjun Sampuran Widuri Serdang Bedagai

Air terjun Sampuran atau lebih dikenal dengan nama Air Terjun Widuri berada di Dusun III Desa Dolok Merawan, Kecamatan Dolok Merawan, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara. Air Terjun Sampuran memiliki ketinggian hingga 30 meter. Untuk bisa sampai di Air Terjun Widuri, Anda harus melewati ratusan anak tangga yang berkelok-kelok.

Taman Hewan Pemantang Siantar

Setelah Medan, Siantar menjadi kota terbesar kedua di provinsi Sumatera Utara dan salah satu objek wisata yang wajin untuk Anda kunjungi adalah Kebun Binatang Siantar. Kebun Binatan Siantar berada Jl. Kapt. MH. Sitorus No. 10, Kota Pematang Siantar, Provinsi Sumatera Utara. Kebun Binatang Siantar mulai dibuka untuk umum pada tanggal 27 November 1936. Selanjutnya Kebun Binatang Siantar mengalami beberapa perbaikan dan kembali diresmikan pada tanggal 13 November 2007 oleh DR.H.Susilo Bambang Yudhoyono.

Koleksi hewan di Kebun Binatang Siantar cukup lengkap, mulai dari hewan mamalia, Aves dan reptil dapat Anda temukan disini. Selain itu, Kebun Binatang Siantar juga memiliki koleksi beberapa hewan laangka seperti komodo, singa Afrika, zebra, unta. Untuk bisa masuk ke Kebun Binatang Siantar, Anda harus membayar tiket sebesar Rp 15.000 per orangnya.

Swiimbath

Tidak ada salahnya apabila Anda menggunjungi Nagori Naga Soppah Kecamatan Bandar Huluan Kabupaten Simalungun untuk merasakan sensasi berendam di pemandian air panas, Swiimbath. Pemandian Air Panas Swiimbath dibangun dimasa kolonial Belanda oleh Pemerintah Hindia Belanda dimana pada saa itu hanya orang-orang Belanda yang diperbolehkan berendam atau mandi di kolam tersebu.

Kebun Teh Sidamanik

Terdapat tiga perkebunan teh di wilayah Sidamik yaitu Kebun Teh Toba Sari, Kebun Teh Bah Butong, dan Kebun Teh Sidamanik. Kebun Teh Sidamanik memiliki luas hingga 8.373 hektar, sampai dengan saat ini Kebuh Teh Sidamik masih dikelola oleh PT. Perkebunan Nusantara (PTPN) IV (Persero).Jenis teh yang ditanam di Kebun Teh Sidamanik adalah teh hitam. Perlu diketahui jika Kebun Teh Sidamanik menjadi kebuh teh tertua yang ada di wilayah Sidamanik.

Air Terjun Bah Biak di Kebun Teh Sidamanik

Masih banyak yang belum mengetahui, jika ditengah-tengah Kebun Teh Sidamanik terdapat Air Terjun Bah Biak. Hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk bisa sampai di Air Terjun Bah Biak dengan cara menggunakan sepeda motor atau mobil.

Pemandian Alam Aek Manik

Pemandian Alam Aek Manik, Simalungun ( Bett bett Krebbet – Map google)

Pemandian Alam Aek Manik

Menggunjungi Pemandian Alam Aek Manik akan membuat Anda merasakan seperti mandi ditengah hutan karena memang Pemandian Alam Aek Manik berupa aliran sungai. Air yang terdapat pada Pemandian Alam Aek Manik berasal dari sumber mata air sehingga warna airnya masih bersih dengan sensani dingin yang menyegarkan.

Apabila sedang beruntung, Anda bisa melihat sekelompok monyet monyet yang sedang melompat dari satu pohon ke pohon lainnya. Tidak hanya itu, Pemandian Alam Aek Manik menjadi salah satu fenomena alam yang paling unik karena apabila dilihat dari jauh lebih terlihat seperti kolam renang dibandingkan sungai sehingga dapat dikatakan jika Pemandian Alam Aek Manik menjadi salah satu fenomena alam yang paling unik.

Lokasi pemandian Alam Aek Manik berada di Desa Hutan Lama kecamatan Sidamanik Kabupaten Simalungin Sumatera Utara. Pemandian Alam Aek Manik memiliki pemandangan yang sangat indah dan udara yang segar.

Nah, persiapkan hari liburan Anda sebaik mungkin agar Anda bisa mengunjungi deretan destinasi wisata di atas bersama dengan keluarga dan orang terkasih.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top